aku bukanlah perangkai kata2 dan bukan juga pujangga
tapi aku adalah aku , apa adanya , dengan segala keterbatasan yang ada

Kamis, 23 Februari 2012

korelasi antara tingkat kecelakaan dengan tingkah supir


di awal tahun 2012 ini banyak banget kecelakaan lalu lintas . dimulai dari kasusnya xenia maut afriani susanti di tugu tani , yang akhirnya sekarang jadi tren terbaru 'nabrakin mobil pinjeman' sampai bus bus yg nyungslep ke kali dan ikut nabrakin orang .

Terkadang gue bingung , kenapa bisa? Apa mereka gak pernah lulus dari kelasnya nyonya puff sama kaya sponge bob? Atau mereka kebanyakan maen bombom car dan akhirnya terobsesi buat nabrakin mobilnya kesono kesini? Hanya Tuhan yang tau (ˇʃƪˇ)

Gue cukup punya banyak pengalaman disupirin dan nyupirin dari satu kota ke kota lain yang semuanya punya keunikan dan tingkat kematian yang beragam .

Jaman sekolah sama training dulu , gue udah kenyang sama supir metromini , supir kopaja sama supir busway . Gue bukan kenyang karena makanin mereka , tapi gue udah kenyang sama cara mereka bawa kendaraan yang sedikit menantang maut . Tapi daripada metromini sama kopaja , mending naik busway deh , beneran .

Terakhir kali gue naik metro mini waktu gue service mobil di jakarta kemaren . Gue tinggal mobil di bengkel daerah garuda dan gue pergi naik metromini ke arah senen yang bikin gue pegangan sama tempat duduk di depan gue terus karena supirnya ngepot sana ngepot sini dan hampir aja nyerempet mobil camry di lapangan banteng

Gak cuma dari transport umum aja , tapi dari kendaraan pribadi juga gue udah sering menantang maut . Pas di bali , pagi2 buta gue mesti ke westin karena ada pameran , gue disupirin sama driver namanya mas heru . Dia terkenal pembalap abiiiiss . Dan bener aja gue dibawa ngebut ama dia . Pas banget rumah gue kalo mau ke jalan raya itu mesti lewatin turunan yang lumayan ngeri banget . Nah , berasa naik roller coaster aja gue pas diturunan itu . Sampe gue teriak2 'mas , pelan2 woy!! Gue belom kawin , gue belom kawin , gue belom kawiiiinnn' 'aaarrrggghhh'

Lain ladang lain belalang . Lain lubuk lain ikannya . Lain warteg lain menunya . Lain di bali lain di jakarta , dan salah satu driver terbaik dari yang terbaik itu tidak lain dan tidak bukan adalah maha guru gue yang cuma sekali doang ngajarin gue bawa motor dan ga pernah ngajarin bawa mobil : BOKAP , yg pernah jalan terbang di tol jakarta - bogor . Gimana enggak gue bilang jalan terbang? Mana ada orang bener yang baru pulang kerja terus bangga banget cerita 'saya abis pulang dari bogor . Jakarta - bogor cuma 15 menit . Hehehe' *kemudian hening *hening yang sangat lama *banyak tanda tanya bermunculan (˙▿˙?)

Pengalaman gue disupirin ama bokap udah banyak , dari ngelewatin banjir yang bikin gue hampir speleng , sampe nganterin gue ke skola tercinta tiap ujan sama kesiangan karena bukan tukang ojek apalagi tukang bajaj yang gue andelin kalo telat , tapi bokap *nyengir kuda

Pernah waktu gue udah telat banget , ujan , macet pula di traffic light bungur , bokap menunjukkan keahliannya dalam berbalap ria dan akhirnya gue ga jadi telat dan gue bisa melenggang santai masuk ke skola dengan tampang sumringah ‎​\(^^\) (/^^)/ \(^^)/

Mobil itu udah kaya tangan dan kaki perpanjangan dari bokap gue , udah nyatu banget . Sampe detailnya aja bokap udah tau , panjang mobilnya , tinggi mobilnya , bahkan (mungkin) sampe perasaan si mobilnya juga . Sapa tau aja kalo mobilnya lagi galau , terus akhirnya ama bokap dianter ke tukang cuci mobil biar showeran dan galaunya ilang , siapa tau?  `)

Bokap gue biarpun keliatannya kaya engkoh engkoh cina glodok yang jualan barang elektronik , kalo di jalan tuh mendadak berubah jadi supir metromini keturunan batak . Bah!! Jangan pernah nyalip bokap gue di jalan , apalagi mepet mobilnya kalo ga pengen diudak ama bokap gue

Pernah bokap gue dipepet ama mobil lain di tol , akhirnya ama bokap diudak kenceng banget malah mau diajakin berantem dan bokap udah nyiapin kunci stangnya *tepok jidat

Akibat punya indukan yang kaya gitu , kebiasaan gue di jalan ga jauh beda ama bokap , cuma gue jauh lebih kalem aja daripada bokap gue . Apalagi kalo ada si bajaj , kalem kalem kalem banget gue . Sifat asli gue itu palingan gue cuma ngedumel sendiri di dalem mobil. Kalo ada yang hampir nyerempet , dan yg semobil ama gue cuma ngomong 'istighfar nop , istighfar' , 'nyebut woy nyebut' , 'sabar nop , sabar' dan yang terakhir kalo udah bosen atau bahkan udah apal ama sifat gue , palingan cuma diem sama geleng pala aja (˘_˘٥)

Kelakuan gue di mobil selama ini ga ada yang berbahaya , biasa aja sama kaya orang normal . Gue duduk kalem , nyetel lagu , nyanyi teriak2 sambil goyang gergaji sambil kayang , dandan sama bbm-an . Wajar kan?

Yang berbahaya itu cuma kalo lagi macet . Ga bikin lecet sih , cuma bikin yang semobil ama gue mati lemes aja . Kenapa? Soalnya macet itu bikin gue harus konsentrasi sama kaki dan tangan . Dengan konsentrasi yang makin nambah itu , bikin perut gue kontraksi . Kalau gue jabarin , persamaannya adalah sebagai berikut :
macet = makin fokus , konsentrasi ama jalan,tangan ama kaki = perut kontraksi = kentut « dan inilah yang bikin mereka celeng semua . Efeknya ngalahin obat bius gajah loh *promosi

Pas gue mau jalan ke daerah cikini sanaan gitu deh , gue malah ambil jalan ngelewatin depan stasiun senen yang mana tiap sore macetnya naujubillah . Macetnya beneran ga nyante , panjang bener , dan perut gue udah mulai kontraksi . Untung aja waktu itu gue lagi sama si kampret doang , gue bilang aja sama dia 'pengen kentut nih' terus dia bilang , 'kentut aja' . Wah , bener aja , gue kentut secara membabi buta . Dalam 5 detik langsung berasa efeknya , dia teriak2 'gila!! Bau banget!! Buka kaca cepet!!' . Gue cuma ngakak aja sambil matiin AC , dalem hati gue 'untung kaga speleng lo!!'

Well , gue itu ga separah sodara gue yang laen . Dia bawa mobil matic yang mana kaki kiri juga ikut main (fyi : biasanya dan seharusnya kalo bawa matic itu kaki kiri mesti anteng biar lebih safety) . Ga cuma bbm-an sama dandan doang , tapi dia juga potong kuku sambil nyetir « hal yang belom gue coba dan akan gue coba

Seharusnya pengemudi yang baik itu kaya si bajaj , yang ga pernah mainan hape sambil nyetir , ga pernah sewot kalo ada yang mepet , dan yang terpenting , ga pernah mengeluarkan karbon monoksida pas macet

Dari sini bisa kita simpulkan bersama , hubungan kelakuan kelakuan para supir di jalan dengan tingkat kecelakaan . Ingat : kesimpulan anda , ga akan sama dengan kesimpulan orang lain karena ada hitam dan putih *nyanyi *mengapa punyamu hitam , bila putih menggemaskaaaannn *aaaa aaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar